Tuesday 4 March 2014

Backpacker Bandung - Bali - Lombok Terbaru (2014)

Catatan Perjalanan Bandung-Yogyakarta-Bali-Lombok  2014

oke bro kali ini gue akan cerit sekelumit perjalanan gue waktu liburran semester kemaren!
sebenernya perjalanan ini dadakan kawan, tapi seru! hahahah *garing entah mulai darimana gue cerita ni..
oke dah,langsung aja sore itu tanggal 8 Januari 2014 gue beserta 3 temen gue kumpul di kontrakan gue yang letaknya sekitar Gasibu lah. kita sepakat perjalanan menuju Bali dan Lombok akan dimulai pukul 21.00 malam nanti. dari Bandung tadinya gue mau naek kereta yang ke Jogja namun ada teman kita yang berbaik hati memberikan tebengan sampe Jogja, jadi kita cuman patungan Gocap (Rp.50.000) dan kebetulan si kawan yang berbaik hati tersebut emang salah satu anggota kita buat liburan kali ini. Berangkatlah kita sesuai dengan yang direncanakan melewati Jalur selatan yang berkelok-kelok jalannya. Sekitar jam 08.00 pagi tanggal 9 Januari 2014 tuh kita sampai di Jogja bro, Alhamdulillah salamet..

di Jogja tuh kita maen-maen dulu lah,mumpung ada waktu soalnya gue kebagian naik kereta tanggal 10 Januari 2014, alias besoknya lagi naek kreta Sri Tanjung Jurusan Yogyakarta-Banyuwangi dan harga tiketnya adalah RP. 95.000 untuk kelas Ekonomi AC, sebenernya tahun sebelumnya (2013) tiketnya masih Gocap (Rp.50.000) namun karena pemerintah udah kagak subsidi lagi tuh jadinnya naek (ini kata temen gue yang tau loh,bukan kata gue). di Jogja kita s=keliling sekitar kota aja,soalnya masih ngehemat duit (ingat,tujuan kita adalah Bali dan Lombok jadi jangan ampe duit abis disini apalagi kalo ampe dipake buat ke S**rkem, jangan dah hahah)
sampailah waktu keberangkatan kita dari Jogja, dari Stasiun Lempuyangan ini gue berangkat menuju Banyuwangi ber-3 karena temen gue yang satu naik bus (maklum, doi ngakunya Bismania). kalo naik bus tuh, ongkosnya Rp.290.000 dari Jogja-Bali, eksekutifnya PO. Restu Mulya (kata temen gue tuh udah dapet makan prasmanan).
balik lagi ke gue dan 2 (dua) temen gue yang naik kereta. gue berangkat dari stasiun Lempuyangan jam 07.30 WIB hari jum'at tanggal 10 januari. berangkat lah kereta dengan penumpang yang boleh dibilang kosong, dan kita berharap seperti ini keadaanya sampe ke Banyuwangi (biar bisa selonjoran terus hahah). Tetapi apa daya, harapan hanya tinggal harapan, setelah sampe Stasiun Kertosono (Kediri,Jawa Timur) ternyata penumpang banyak yang naik tuh ke Kereta, akhirnya penuh lah! segala kenikmatan yang kita rasakan pun Sirna Ilang Kertaning Bumi hahah..
Akhirnya jam 23.00 WIB di tanggal yang sama (10 Januari) gue beserta 2 rekan gue sampe di stasiun Banyuwangi Baru, sebenernya di jadwal sih jam 9 harusnya udah nyampe, namun berhubung ada insiden di sekitas Stasiun wonokromo maka kereta Sri Tanjung ini pun telat nyampe di Stasiun Banyuwangi Baru.
dari sini kita jalan keluar Stasiun, lalu mencari penginapan karena pengen istirahat sejenak.sebenernya sih bisa langsung nyebrang ke Gilimanuk (Bali). namun karena sudah larut malam kami memutuskan menginap terlebih dahulu di Ketapang (Banyuwangi).
jarak dari Stasiun Banyuwangi Baru ke Pelabuhan Penyebrangan Ketapang ini sendiri hanya berjarak sekitar 300 Meter doang, jadi kawan-kawan tak usah lah naik becak!
di Ketapang kami mendapatkan penginapan dengan Harga Rp.60.000/kamar, cukuplah buat kami bertiga, penginapan tersebut ada percis di depan Stasiun Kereta.
esok pagi tanggal 11 tepat jam 06.00 kami berangkat ke pelabuhan Ketapang, dan langsung membeli tiket masuk seharga Rp.6.500, murah lah! penyebrangan disini ada tiap jam atao tiap 30 menit kalo ga salah selama 24 jam.setelah masuk pelabuhan kami ditawarin bus oleh calo-calo (tujuan kami saat itu adalah Tabanan tepatnya ke Mesjid Raya Kediri karena teman kami yang satu sudah menunggu disana).banyak bus dari sini yang mau menuju denpasar, pertama kami ditawarin Rp.80.000/orang utuk menuju ke Tabanan, namun karena ilmu Negosiasi yang saya terima selama kuliah (entah udah bawaan juga) akhirnya kami dapat tiket Rp.40.000. kami pun masuk ke Bus dan Bus pun masuk Ke Kapal Ferry. BUs nya cukup nyaman karena termasuk kelas Eksekutif, Jurusan Surabaya - Denpasar nama Bus nya adalah Menggala.

pelabuhan ketapang

Selanjutnya dari Gilimanuk ke Tabanan perjalanan ditempuh dalam waktu 2,5 jam perjalanan darat (naek bus itu tadi), sekitar jam 11 siang kami pun sampai di Tabanan. ini lah Checkpoint kedua (2) kami, karena Checkpoint pertama (1) adalah Jogja. Disini kami dijamu oleh sanak saudara dari salah satu anggota perjalanan kita (Rezeqi Anak Soleh dah, baru datang dikasih makan Sate Kambing yang rasanya Juara! *tau aja udah lapar soalnya terakhir makan tuh waktu di kereta, alias kemarin hahah).
Lalu setelah beristirahat, sekitar jam 21.00 WITA tanggal 11 Januari kami pergi ke jalan raya untuk melanjutkan perjalanan menuju Mataram (Lombok, NTB). awalnya kami berniat memberhentikan Bus namun tanpa kita sadari udah jam 9 malam mana ada bus yang menuju Padang Bai (pelabuhan yang buat kita nyebrang menuju lombok).
Akhirnya kami mendapatkan tumpangan Truck Barang berpelat DR yang sudah pasti saat itu akan menuju Mataram tepatnya menuju Sweta (gudang bongkar muat Truck nya ada disana). stelah nego-nego akhirnya kami sepakat ngasih Rp.70.000/ orang. Trucknya itu gede bro, fuso jadi kamii berempat bisa masuk di kabin dengan supir dan keneknya, jadi total tuh kita berenam (6) di kabin Truck itu. perlu pemirsa tahu, Truck tersebut memuat sembako seberat 25 Ton dari Surabaya menuju Mataram.
Banyak sekali keuntungan kita naik truck ini, selain Full Musik dan Full Angin supir dan keneknya pun ramah dan asyik dah orangnya, dan yang paling penting kita ga usah bayar lagi ticket kapal Ferry nyebrang ke lombok yang harganya tuh sekitar Rp.40.000/ orang.

fuso yang kami naiki

kemudian sekitar jam 01.00 WITA tanggal 12 Januari kita bar sampai di pelabuhan Padang Bai, dan pukul ) 02.00 kapal pun berangkat menuju pelabuhan Lembar (Lombok Barat). Perjalanan yang kami tempuh sekitar 4-5 Jam karena sekitar jam ) 06.30 WITA kami sampai di pelabuhan Lembar Lombok. sesampainya disini kami Ngopi Dulu bersama supir-supir truck lainnya, katakanlah kami saat itu nongkrong di basecamp nya mereka, dan ternyata kami disana ditraktir oleh supir truck yang kami tumpangi trucknya, betapa baiknya mereka. lalu sekitar jam 07.00 WITA truck melanjutkan perjalanan menuju Mataram dan sekitar jam 09.00 kami sampai di Mataram ibukota Provinsi Nusa Tengggara Barat. Kotanya begitu Indah, namun tampak terlihat sepi entah karena masih pagi, yang pasti tak ada macet disini!
setelah itu kami turun di Mataram, dan istirahat sejenak untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya menuju pelabuhan Bangsal (Pawenang), karena tujuan kami adalah Gili Trawangan.
Dari sini kami naik Coltbak terbuka, karena kami punya kenalan disini melalui salah satu anggota perjalanan kita ini. Kami hanya mengisikin bensin buat mobil beliau Rp.100.000 dan memberikan sebungkus rokok, karena beliau tidak mau menerima uang, betapa kami menemukan kembali orang yang baik disini. sekitar jam 10.00 WITA kami berangkat menuju Bangsal, melewati jalur pantai dari mulai Kota Tua Ampenan, sampai Pantai Senggigi. kami mampir sejenak di Senggigi, betapa Indahnya sepanjang jalan dan pemandangan disana.

coltbak yang kami naiki

Senggigi, Pura Batu Bolong

Gili Trawangan dilihat dari kejauhan

Perjalanan menuju Bangsal sekitar 2 Jam melewati jalur Senggigi ini, pada sekitar jam 12an kami tiba di pelabuhan Abngsal, dan membeli tiket penyebrangan ke Gili Trawangan seharga Rp.13.500 / orang. sekitar 20 menit kami telah sampai di Gili Trawangan.

diatas perahu menuju Gili Trawangan
Berikt adalah total biaya perjalanan dari Bandung sampai Gili Trawangan :
Bandung - Jogja                                                               Rp. 50.000 (Patungan Bensin)
Jogja - Banyuwangi                                                          Rp. 95.000 (Kereta Sri Tanjung)
Ketapang (Banyuwangi) - Gilimanuk                                 Rp. 6.500 (Kapal Ferry)
Bus ke Tabanan dari Gilimanuk                                         Rp. 40.000 (Menggala Eksekutif)
Tabanan (Bali) - Mataram (Lombok)                                Rp. 70.000 (Truck Fuso)
Mataram - Bangsal                                                           Rp. 25.000 (patung Bensin)
Bangsal - Gili Trawangan                                                  Rp. 13.500 (perahu)

total                                                                                 Rp. 300.000

diatas adalah ongkos yang saya keluarkan untuk sampai di Gili Trawangan dari Bandung.
Nantikan tulisan saya selanjutnya terkait Trip ini.
(Bersambung)

5 comments:

  1. heheee,,,gokil.... :P

    ReplyDelete
  2. Mantap gan... tapi lupa nyantumin bbrp penginapannya euuuyy, n khususnya rekomendasi penginapan mumer di bali gan... :(

    ReplyDelete
  3. Keren... kalau kesana backpacker ke lombok lagi pengen ikut boleh nggak...? 😁

    ReplyDelete
  4. rencana mei ato akhir april brangkat lombok #rinjani

    ReplyDelete