Friday 7 March 2014

Gili Trawangan, Pas Buat Honeymoon..

Oke kawan selamat bertemu kembali di tulisan yang akan ngebahas mengenai suatu pulau di Kepulauan Sunda Kecil (Nusa Tenggara) tepatnya di sekitar Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Tersebutlah sebuah pulau tersebut bernama Gili Trawangan, Gili dalam bahasa setempat artinya kalau tidak salah adalah pulau, jadi cukup disebut dengan Gili Trawangan hal tersebut telah menunjukan bahwa Trawangan adalah sebuah pulau. Pulau itu sendiri tidak lah berukuran terlalu besar, pada saat disana saya cukup menghabiskan waktu kurang lebih sekitar 2 (dua) jam untuk mengelilingi garis pantai pulau tersebut. terkait letak Geografis, pulau tersebut berada di sebelah barat laut pulau lombok, tepatnya berada di Kabupaten Lombok Utara.
Pada perjalanan saya bulan Januari 2014 kemarin, saya berangkat menuju pulau tersebut dari Bali menuju Pulau Lombok terlebih dahulu, walaupun ada juga kapal cepat yang mengangkut penumpang dari Bali langsung menuju Gili Trawangan, namun bagi kantong saya seorang mahasiswa munkin ongkosnya dirasa berat, sekitar 300-500 ribu rupiah/orang. Maka dari itu dari Bali (Tabanan) saya memutuskan menaiki (menumpang) truck barang yang menuju ke Mataram,dan cukup mengeluarkan ongkos Rp.70.000/ orang saya sudah bisa sampai di Mataram (Sweta) tanpa harus membayar tiket Kapal Ferry dari Pelabuhan Padang Bai ke Pelabuhan Lembar (lombok barat). Dari Mataram saya menaiki mobil bak terbuka, dengan hanya memberikan uang bensin Rp.25.000/ orang untuk sampai di pelabuhan Bangsal (Pawenang), perjalanan sekitar 2 (dua) jam. Dari Pelabuhan Bangsal menaiki perahu langsung menuju Gili Trawangan dengan ongkos Rp.13.500/orang dalam waktu sekitar 20 menit.

Sesampainya disana ada beragam pilihan tempat menginap yang menarik, dari mulai harga yang biasa sampai yang luar biasa. Namun pada saat itu saya memutuskan untuk mencari penginapan di tengah pulau karena saya rasa lebih murah bila dibandingkan dengan yang di daerah pinggir pantai, karena kebanyakan di daerah tersebut adalah Hotel dan Cottage-cottage yang begitu indah, menawan dan tentunya nyaman karena pemandangan langsung ke pantai tentu ini sangat cocok untuk para pasangan yang berbulan madu.

Di Gili Trawangan tersebut tidak terdapat kendaraan bermotor, karena sudah peraturannya disana. Kendaraan disana hanyalah sepeda yang dapat kita sewa mulai dari harga 25.000-an perhari, dan ada lagi satu kendaraan angkut masal yaitu yang mereka sebut sebagai CIDOMO yakni sejenis Andong/Delman.

Sepanjang saya berjalan di pulau, sattu hal yang tidak pernah saya tidak temukan yakni pasangan pria dan wanita, entah itu merupakan mereka yang sedang berbulan madu ataupun pacaran yang pasti hal tersebut cukup membuktikan bahwa Gili Trawangan ini merupakan tempat yang ROMANTIS. pada pagi hari kita dapat berjalan-jalan ataupun naik sepeda mengelilingi pulau, tak lupa untuk melihat Sunrise dan putihnya pasir pantai disana juga jernihnya air laut disana. untuk mengisi waktu siang hari kita dapat memilih kegiatan lainnya, yakni Snorkeling atau pun kegiatan menyelam karena terumbu karang di sekitar perairan Gili Trawangan begitu menawan, juga bila anda sedang beruntung anda dapat melihat aktifitas dari penyu atau kura-kura itu namanya ya yang dilaut itu. untuk biaya Snorkeling sendiri menurut saya sangat terjangkau, yakni hanya Rp.120.000/ orang sudah termasuk makan siang dan minum seharga Rp.40.000. Waktunya dari jam 09.00 pagi sampai sekitar jam 16.00 sore, cukup panjang karena kita akan dibawa ke 5 (lima) tempat yang berbeda.

Sementara itu untuk pilihan Cottage-cottage nya saya rasa sungguh beragam, dengan bentuk-bentuk yang unik, saya rasa seperti di Hawai (Honolulu) atau pulau-pulai di daerah Pasifik (walaupun saya belum pernah kesana, hanya tau dari TIPI hahah ). Pemandangannya pun langsung menghadap ke pantai, dan sudah tersedia kolam renang depannya.

Untuk pilihan makan malam ada banyak sekali dan beragam restoran atau cafe-cafe dengan menu yang sungguh juara menurut saya, termasuk Berbekiu lah! Dengan lampu-lampu yang romantis, bahkan ada saung-saung khusus untuk makan malam yang romantis!
Waktu itu saya mendapatkan penginapan seharga Rp.300.000 untuk 4 orang dengan kamar yang luas dan fasilitas AC. double bed.

Namun sangat disayangkan di beberapa bagian pulau terdapat sampah atau kotor, dan saya rasa perlu perhatian dari kita semua yang peduli terhadap kebersihan disana.
oke mungkin sekian pembahasan dari saya yang singkat ini, dibawah ini ada beberapa poto yang diambil oleh saya maupun teman saya.

Sepanjang perjalanan menuju Gili Trawangan 

Tempat Makan Yang Romantis

Sepertinya Ini Daerah Hutan Mangrove

Daerah Untuk Melihat Sunset

Nyari Spot Buat Snorkeling

Salah Satu Spot

Si Akang Guide 

Tanpa Mereka Semua Berbeda



1 comment:

  1. halo, aku lagi cari info nih untuk ke gili terawangan next week. Numpang tanya dong, untuk snorkelingnya di bawa ke gili air dan gili meno juga ga? terus kalo ada boleh minta cp nya? thanks!

    ReplyDelete